Mengapa ToSM itu Penting dan Alasan Kenapa Saya Selalu Semangat Bermain ToSM

ToSM adalah singkatan dari Test of Second Mathematics, yaitu sebuah instrumen baku dari Matematika Detik untuk melatih berhitung dasar secara spontan sekaligus identifikasi dan terapi gagap hitung. Gagap hitung adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan dalam melakukan operasi aritmatika sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Gagap hitung dapat mempengaruhi prestasi belajar, keterampilan berpikir, dan kesejahteraan hidup seseorang.

Zamzam (8th) sedang asyik melakukan terapi kebiasaan untuk operasi kali

Bermain ToSM dapat memberikan banyak manfaat bagi otak kita. Alasan pertama saya bermain ToSM adalah untuk meningkatkan skor saya agar tidak mengalami gagap hitung. Dengan berlatih secara rutin, saya dapat meningkatkan kecepatan, ketepatan, dan ketangkasan dalam berhitung. Saya juga dapat mengembangkan kemampuan logika, analisis, dan pemecahan masalah yang berguna untuk bidang lain.

Razaq (11th) setelah 3 tahun rutin berlatih dan melakukan terapi kebiasaan dan kecepatan

Alasan kedua saya bermain ToSM adalah untuk menjaga kebugaran otak saya. Menurut teori Ryuta Kawashima, seorang pakar otak dari Jepang, berhitung dapat merangsang aktivitas di lobus frontal otak, yaitu bagian yang bertanggung jawab atas fungsi eksekutif seperti perencanaan, pengambilan keputusan, dan pengendalian diri1. Kawashima juga menemukan bahwa berhitung dapat mencegah penurunan kognitif yang terjadi akibat penuaan2. Dengan demikian, bermain ToSM dapat membantu saya menjaga kesehatan mental dan fisik saya.

Alasan ketiga saya bermain ToSM adalah untuk mengasah intuisi saya. Intuisi adalah kemampuan untuk mengetahui atau merasakan sesuatu tanpa menggunakan alasan logis atau bukti konkret. Mudahnya intuisi adalah seni berfikir tanpa berfikir. Intuisi dapat membantu kita dalam menghadapi situasi yang tidak pasti, kompleks, atau mendesak. Bermain ToSM dapat melatih intuisi saya karena saya harus mengandalkan ingatan dan persepsi saya dalam menyelesaikan soal-soal yang bervariasi dan menantang.

Alasan keempat saya bermain ToSM adalah untuk mengentaskan anak-anak kami dari wabah gagap hitung. Gagap hitung adalah bencana laten yang sangat sedikit sekali insan pendidikan yang peduli. Padahal, gagap hitung dapat menghambat perkembangan potensi anak-anak dan merugikan masa depan mereka. Orang tua harus ambil andil dalam memberantas gagap hitung dengan cara memberikan stimulasi yang tepat kepada anak-anak sejak dini. Salah satu caranya adalah dengan mengajak anak-anak bermain ToSM secara bersama-sama. Dengan begitu, anak-anak dapat belajar sambil bersenang-senang dan mendapatkan dukungan dari orang tua.

Zamzam dan Mustafa unjuk kebolehan dalam bermain ToSM

Itulah alasan-alasan kenapa ToSM itu penting dan kenapa saya selalu semangat bermain ToSM. Saya berharap artikel ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi Anda yang ingin mencoba atau melanjutkan bermain ToSM. Mari kita bersama-sama meningkatkan kemampuan berhitung kita dan meraih manfaatnya bagi otak kita. Selamat bermain ToSM!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *