Sains Dibalik Habituasi ToSM

Tidak lama setelah mengenal ToSM digital, saya mendapatkan buku Tiny Habit yang ditulis oleh ilmuan perilaku BJ Fogg. Saya akhirnya memahami struktur perilaku saya yang menjadikan bermain ToSM sebuah habit / kebiasaani yang mengakar. Bahkan kalua sehari tidak main ToSM rasanya ada yang kurang. Rupanya bermain ToSM sudah mengakar, bahkan ibarat benih pohon yang ditanam dan dirawat pohon itu sudah mulai memberikan buahnya.

              Dalam penelitian panjangnya, BJ Fogg merumuskan perilaku (behavior) terjadi saat bertemunya motivasi, kemampuan (ability) dan pemantik (prompt) dalam satu waktu sekaligus.

Gb. 4 Fogg Behavior Model (https://behaviormodel.org/)

Jika kita bedah dari perspektif model perilaku BJ Fogg, perilaku bermain ToSM itu terjadi ketika ada motivasi dalam diri untuk bermain disertai kemampuan yang cukup sehingga permainan ToSM terasa lumayan mudah dilakukan, tentu aplikasi ToSM versi digitalnya sudah diunduh sebagai pemantik.

Perilaku bermain ToSM yang terus menerus berulang hampir setiap hari tersebut akhirnya menjadi habit. Dalam Tiny Habit, terbentuknya kebiasaan itu bisa digambarkan melalui penjelasan berikut:

Tiny Habits BJ Fogg

Ada 3 aspek yang harus dipenuhi ketika kita memutuskan untuk menerapkan konsep Tiny Habit, rumusnya adalah A – B – C dimana A adalah Anchor Moment (peristiwa yang dijadikan jangkar pemantik), B adalah Tiny Behavior (dalam hal ini bermain ToSM digital), dan C adalah Celebration atau perayaan dengan melakukan suatu gerakan khas sebagai penguat.

Dalam metode Tiny Habits, saat bermain ToSM yang kita kejar bukanlah tingginya performa, karena Anda tidak mencoba untuk menjadi sempurna. Sebaliknya, Anda hanya berlatih kebiasaan baru Anda, dan jika Anda merasa perlu mengganti peristiwa pemantiknya (anchor moment) dan cara selebrasinya silakan Anda dapat merevisi resep Anda sesuai kebutuhan. Itu sebabnya BJ Fogg menamai format ini (“Setelah saya . . . , saya akan . . . “) sebuah “resep”. Resep awal Anda adalah titik awal, dan Anda menyesuaikannya sesuai kebutuhan agar sesuai dengan hidup Anda.Have fun!

Contoh: “Setelah saya sarapan pagi, saya akan bermain ToSM” kemudian saya akan mengatakan “Yess” sembari mengepalkan tangan.

Saya harap Anda akan dapat bersenang gembira saat Anda mempraktikkan kebiasaan baru Anda dalam bermain ToSM. Penelitian BJ Fogg menunjukkan kapan waktu yang paling baik bagi seseorang agar dapat berubah? Waktu yang paling baik adalah saat perasaan seseorang merasa baik saat melakukannya. Bahkan, banyak orang telah menemukan bahwa mengubah hidup mereka dengan Tiny Habits sangat menyenangkan. Ya, menyenangkan.

Jadi tolong sisihkan rasa bersalah, malu, meremehkan kemampuan diri dan semua negativitas itu. Hal-hal itu tidak membantu. Sebaliknya, saya mendorong Anda untuk fokus pada kesuksesan Anda dan merangkul mereka, tidak peduli seberapa kecil. Silakan lihat proses pembentukan kebiasaan sebagai perjalanan penemuan yang menyenangkan dan menggembirakan. Saya di sini hadir untuk membantu dan membimbing Anda.

Join the Conversation

4 Comments

  1. Masyaallah..it will be a good habit for increasing our soft skill and hard skill as well

    Yes….insyaallah

  2. It will be a good habit for me to increase my soft skill & powerful behavior as well
    Yes ..insyaallah
    Thanks ustad Ade Machun

  3. Terima kasih banyak ustadz Ade

    Berkenalan dgn ToSM ini adalah rejeki yang sangat besar buat saya.
    Semoga makin banyak orang yang akan menikmati manfaatnya, aamiin.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *